Cara Membuat Element Dalam Proses Payroll

Apabila Anda ingin membuat Element sebagai komponen dalam proses Payroll yang menggambarkan tipe pendapatan (earning), potongan (deduction) yang diberikan kepada karyawan, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

🔥IMPORTANT! Perlu diperhatikan jika Anda ingin membuat Element dalam proses Payroll, pastikan Element Classification pada menu Payroll sudah dibuat terlebih dahulu.

  1. On the Menu Payroll → Select Element.
  1. Click the button New untuk membuat Element.
  1. Fill in the section General dengan jenis Element yang ingin dibuat.
NoFeatureInformation
1Effective DateOtomatis akan terisi setelah input As of Date sebelumnya.
2NameFilled with nama Element yang akan dibuat.
3DescriptionFilled with deskripsi Element yang akan dibuat.
4ClassificationMasukkan klasifikasi yang sesuai untuk Element yang akan dibuat.
5FormulaMasukkan formula perhitungan yang sesuai untuk Element yang akan dibuat.
6Priority StartOtomatis akan terisi mengikuti Classification Element the.
7Last Priority UsedOtomatis akan terisi mengikuti Classification Element the.
8Termination RuleTentukan tipe terminasi dari Element : (berkaitan dengan element yang akan diproses untuk karyawan yang berhenti)
• Termination Date : Mengikuti tanggal aktual karyawan tersebut berhenti.
• Pay Thru Date : Element masih bisa diproses setelah karyawan berhenti sesuai dengan Pay Thru Date yang di-input di End Employment, Contoh : Bonus, THR, dll.
9Retro ElementMasukkan nama element Retro/Rapel jika element yang bersangkutan merupakan element yang bisa di retro/di rapel.
10Active• Click Yes, jika Element tersebut masih active and processed in system.
• Click No, jika Element tersebut sudah not active, maka Element akan otomatis lost in another menu.
11Once per Month• Click Yes, jika Element tersebut diproses sekali setiap bulan.
• Click No, jika Element tersebut bisa diproses lebih dari sekali setiap bulan.
12Recurring• Click Yes, jika Element tersebut diproses setiap bulan.
• Click No, jika element hanya diproses pada waktu/periode tertentu.
13Proration• Click Yes, jika Element tersebut diberikan secara prorate.
• Click No, jika Element tersebut tidak diberikan secara prorate.
14Priority EndOtomatis akan terisi mengikuti Classification Element the.
15PriorityFilled with tingkat prioritas Element tersebut terproses.
16Payslip GroupMasukkan jenis Payslip Group yang akan didaftarkan pada Element.
17Costing TypeMasukkan tipe Costing untuk Element tersebut.
  1. In part Costing, click the button “Add”, lalu isi dengan data Costing yang akan di link oleh perusahaan.

🔥IMPORTANT! Perlu diperhatikan jika Anda ingin mengisi data Costing yang akan di link oleh perusahaan, pastikan Chart of Accounts pada menu Payroll sudah dibuat terlebih dahulu.

NoFeatureInformation
1Active• Click Yes, jika data Costing Element tersebut masih active and processed in system.
• Click No, jika data Costing Element karyawan tersebut sudah not active, maka data Costing Element akan otomatis lost in another menu.
2NameDiisi jenis nama Chart of Account yang telah didaftarkan sebelumnya.
3Segment LevelOtomatis terisi jika mengisi Name yang akan disesuaikan dengan data Segment Level pada Chart of Account.
4CostingMenginput COA (Chart of Account) costing.
5BalancingMenginput COA (Chart of Account) balancing.

Do save with a click button “Save Changes” pada bagian Costing Detail terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan mengisi kelengkapan data Element lainnya.

  1. In part Element Value, click the button “Add”, lalu isi dengan besaran nilai yang akan dimasukkan ke dalam Element tersebut.
NoFeatureInformation
1Effective DateOtomatis akan terisi setelah input As of Date sebelumnya.
2Sequence NoPilih urutan Element Value yang akan muncul pada hasil proses Element.
3ValueFilled with nominal mutlak untuk Element yang akan dibuat.
4Location GroupFilled with details Location Group yang akan dimasukkan ke dalam Element, in the form of LOV.
5Job FamilyFilled with details Job Family yang akan dimasukkan ke dalam Element, in the form of LOV.
6Organization LevelFilled with details Organization Level yang akan dimasukkan ke dalam Element, in the form of LOV.
7Position LevelFilled with details Position Level yang akan dimasukkan ke dalam Element, in the form of LOV.
8Active• Click Yes, jika detail Element Value untuk Element tersebut masih active and processed in system.
• Click No, jika detail Element Value untuk Element sudah not active, maka data detail Element Value akan otomatis lost in another menu.
9CompanyFilled with details Company yang akan dimasukkan ke dalam Element, in the form of LOV.
10GradeFilled with details Grade yang akan dimasukkan ke dalam Element, in the form of LOV.
11LocationFilled with details Location yang akan dimasukkan ke dalam Element, in the form of LOV.
12JobFilled with details Job yang akan dimasukkan ke dalam Element, in the form of LOV.
13OrganizationFilled with details Organization yang akan dimasukkan ke dalam Element, in the form of LOV.
14PositionFilled with details Position yang akan dimasukkan ke dalam Element, in the form of LOV.

Do save with a click button “Save Changes” pada bagian Element Value Detail terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan mengisi kelengkapan data Element lainnya.

  1. Jika semua informasi Element sudah Anda masukkan, then the final step is to do it save with a click button “Submit” pada bagian paling bawah halaman Element.