Cara Membuat Element Dalam Proses Payroll

Apabila Anda ingin membuat Element sebagai komponen dalam proses Payroll yang menggambarkan tipe pendapatan (earning), potongan (deduction) yang diberikan kepada karyawan, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

🔥PENTING! Perlu diperhatikan jika Anda ingin membuat Element dalam proses Payroll, pastikan Element Classification pada menu Payroll sudah dibuat terlebih dahulu.

  1. Pada Menu Payroll → Pilih Element.
  1. Klik tombol New untuk membuat Element.
  1. Isi bagian General dengan jenis Element yang ingin dibuat.
NoFiturKeterangan
1Effective DateOtomatis akan terisi setelah input As of Date sebelumnya.
2NameDiisi dengan nama Element yang akan dibuat.
3DescriptionDiisi dengan deskripsi Element yang akan dibuat.
4ClassificationMasukkan klasifikasi yang sesuai untuk Element yang akan dibuat.
5FormulaMasukkan formula perhitungan yang sesuai untuk Element yang akan dibuat.
6Priority StartOtomatis akan terisi mengikuti Classification Element tersebut.
7Last Priority UsedOtomatis akan terisi mengikuti Classification Element tersebut.
8Termination RuleTentukan tipe terminasi dari Element : (berkaitan dengan element yang akan diproses untuk karyawan yang berhenti)
• Termination Date : Mengikuti tanggal aktual karyawan tersebut berhenti.
• Pay Thru Date : Element masih bisa diproses setelah karyawan berhenti sesuai dengan Pay Thru Date yang di-input di End Employment, Contoh : Bonus, THR, dll.
9Retro ElementMasukkan nama element Retro/Rapel jika element yang bersangkutan merupakan element yang bisa di retro/di rapel.
10Activeʉۢ Klik Yes, jika Element tersebut masih aktif dan di proses di system.
• Klik No, jika Element tersebut sudah tidak aktif, maka Element akan otomatis hilang di menu lainnya.
11Once per Month• Klik Yes, jika Element tersebut diproses sekali setiap bulan.
• Klik No, jika Element tersebut bisa diproses lebih dari sekali setiap bulan.
12Recurring• Klik Yes, jika Element tersebut diproses setiap bulan.
• Klik No, jika element hanya diproses pada waktu/periode tertentu.
13Proration• Klik Yes, jika Element tersebut diberikan secara prorate.
• Klik No, jika Element tersebut tidak diberikan secara prorate.
14Priority EndOtomatis akan terisi mengikuti Classification Element tersebut.
15PriorityDiisi dengan tingkat prioritas Element tersebut terproses.
16Payslip GroupMasukkan jenis Payslip Group yang akan didaftarkan pada Element.
17Costing TypeMasukkan tipe Costing untuk Element tersebut.
  1. Pada bagian Costing, klik tombol “Add”, lalu isi dengan data Costing yang akan di link oleh perusahaan.

🔥PENTING! Perlu diperhatikan jika Anda ingin mengisi data Costing yang akan di link oleh perusahaan, pastikan Chart of Accounts pada menu Payroll sudah dibuat terlebih dahulu.

NoFiturKeterangan
1Active• Klik Yes, jika data Costing Element tersebut masih aktif dan di proses di system.
• Klik No, jika data Costing Element karyawan tersebut sudah tidak aktif, maka data Costing Element akan otomatis hilang di menu lainnya.
2NameDiisi jenis nama Chart of Account yang telah didaftarkan sebelumnya.
3Segment LevelOtomatis terisi jika mengisi Name yang akan disesuaikan dengan data Segment Level pada Chart of Account.
4CostingMenginput COA (Chart of Account) costing.
5BalancingMenginput COA (Chart of Account) balancing.

Lakukan save dengan klik button “Save Changes” pada bagian Costing Detail terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan mengisi kelengkapan data Element lainnya.

  1. Pada bagian Element Value, klik tombol “Add”, lalu isi dengan besaran nilai yang akan dimasukkan ke dalam Element tersebut.
NoFiturKeterangan
1Effective DateOtomatis akan terisi setelah input As of Date sebelumnya.
2Sequence NoPilih urutan Element Value yang akan muncul pada hasil proses Element.
3ValueDiisi dengan nominal mutlak untuk Element yang akan dibuat.
4Location GroupDiisi dengan detail Location Group yang akan dimasukkan ke dalam Element, berupa LOV.
5Job FamilyDiisi dengan detail Job Family yang akan dimasukkan ke dalam Element, berupa LOV.
6Organization LevelDiisi dengan detail Organization Level yang akan dimasukkan ke dalam Element, berupa LOV.
7Position LevelDiisi dengan detail Position Level yang akan dimasukkan ke dalam Element, berupa LOV.
8Active• Klik Yes, jika detail Element Value untuk Element tersebut masih aktif dan di proses di system.
• Klik No, jika detail Element Value untuk Element sudah tidak aktif, maka data detail Element Value akan otomatis hilang di menu lainnya.
9CompanyDiisi dengan detail Company yang akan dimasukkan ke dalam Element, berupa LOV.
10GradeDiisi dengan detail Grade yang akan dimasukkan ke dalam Element, berupa LOV.
11LocationDiisi dengan detail Location yang akan dimasukkan ke dalam Element, berupa LOV.
12JobDiisi dengan detail Job yang akan dimasukkan ke dalam Element, berupa LOV.
13OrganizationDiisi dengan detail Organization yang akan dimasukkan ke dalam Element, berupa LOV.
14PositionDiisi dengan detail Position yang akan dimasukkan ke dalam Element, berupa LOV.

Lakukan save dengan klik button “Save Changes” pada bagian Element Value Detail terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan mengisi kelengkapan data Element lainnya.

  1. Jika semua informasi Element sudah Anda masukkan, maka langkah terakhir yaitu lakukan save dengan klik button “Submit” pada bagian paling bawah halaman Element.