Cara Mendaftarkan Biaya Pengeluaran Berdasarkan Project

Jika Anda ingin mendaftarkan biaya pengeluaran dari suatu project ke dalam system, Anda harus membuat jenis pengelompokan biaya pengeluaran tersebut terlebih dahulu.

Pendaftaran jenis pengelompokan biaya pengeluaran dapat dibuat dengan Expense Type pada Menu Expense, dan pendaftaran biaya pengeluaran dari suatu project dapat dibuat dengan Project pada Menu Expense.

Pada bagian ini, Anda dapat mempelajari :

1. Cara membuat Expense Type.
2. Cara membuat Project
.


1. Cara Membuat Expense Type.

  1. Pada Menu Expense → Pilih Expense Type.
  1. Klik tombol New untuk mendaftarkan Expense Type pada menu Benefit.
  1. Pada bagian General, isi dengan jenis Expense Type yang ingin ditampilkan.
NoFiturKeterangan
1NameDiisi dengan nama tipe Expense.
2DescriptionDiisi dengan deskripsi tipe Expense.
3CompanyDiisi dengan perusahaan yang akan dimasukkan ke dalam jenis Expense tersebut, berupa LOV.
4Active• Klik Yes, jika jenis Expense Type tersebut masih aktif dan di proses di system.
• Klik No, jika jenis Expense Type tersebut sudah tidak aktif, maka jenis Expense Type akan otomatis hilang di menu lainnya.
5Back Date (Days)Diisi dengan ketentuan batas hari ke belakang karyawan dapat mengajukan jenis Expense tersebut.
6ElementDiisi dengan element yang akan digunakan ke dalam jenis Expense tersebut untuk proses payroll, berupa LOV.
7Currency Diisi dengan Mata uang yang akan digunakan ke dalam jenis Expense tersebut

Pada bagian Business Trip Limits, klik tombol “Add”, dan lanjutkan dengan mengisi data pengelompokan karyawan yang akan ikut andil dalam Project tersebut

NoFiturKeterangan
1Active• Klik Yes, jika detail pengeluaran tersebut masih aktif dan di proses di system.
• Klik No, jika detail pengeluaran tersebut sudah tidak aktif, maka detail pengeluaran akan otomatis hilang di menu lainnya.
2Business Trip CategoryDiisi dengan jenis category trip mana yang akan dijalankan.

Pada bagian Business Trip Limits, klik tombol “Add”, dan lanjutkan dengan mengisi data pengelompokan karyawan yang akan ikut andil dalam Project tersebut

  1. Jika semua informasi Expense Type sudah Anda masukkan, maka langkah terakhir yaitu lakukan save dengan klik button “Submit” pada bagian paling bawah halaman Expense Type.
NoFiturKeterangan
1Active• Klik Yes, jika detail Eligibility Profile untuk Benefit tersebut masih aktif dan di proses di system.
• Klik No, jika detail Eligibility Profile untuk Benefit sudah tidak aktif, maka data detail Eligibility Profile untuk Benefit akan otomatis hilang di menu lainnya.
2NameDiisi nama businies trip yang akan dijalankan.
3CompanyDiisi dengan detail Company yang akan dimasukkan ke dalam Business Trip, berupa LOV.
4Location GroupDiisi dengan detail Location Group yang akan dimasukkan ke dalam Business Trip, berupa LOV.
5Job FamilyDiisi dengan detail Job Family yang akan dimasukkan ke dalam Business Trip, berupa LOV.
6Organization LevelDiisi dengan detail Organization Level yang akan dimasukkan ke dalam Business Trip, berupa LOV.
7Position LevelDiisi dengan detail Position Level yang akan dimasukkan ke dalam Business Trip, berupa LOV.
8Value TypeDiisi dengan detail Value Type yang akan dimasukkan ke dalam Business Trip, berupa LOV.
9Claim MethodDiisi dengan detail Claim Method yang akan dimasukkan ke dalam Business Trip, berupa LOV
10GradeDiisi dengan detail Grade yang akan dimasukkan ke dalam Business Trip, berupa LOV.
11LocationDiisi dengan detail Location yang akan dimasukkan ke dalam Business Trip, berupa LOV
12JobDiisi dengan detail Job yang akan dimasukkan ke dalam Business Trip, berupa LOV.
13OrganizationDiisi dengan detail Organization yang akan dimasukkan ke dalam Business Trip, berupa LOV.
14PositionDiisi dengan detail Position yang akan dimasukkan ke dalam Business Trip, berupa LOV.
15ValueDiisi dengan Value yang akan didapatkan dari Business Trip yang dijalankan

2. Cara Membuat Project.

  1. Pada Menu Expense→ Pilih Project.
  1. Klik tombol New untuk mendaftarkan Project.
  1. Pada bagian General, isi dengan jenis Project yang ingin ditampilkan.
NoFiturKeterangan
1NameDiisi dengan nama Project.
2DescriptionDiisi dengan deskripsi Project.
3Start DateTanggal mulainya Project.
4End DateTanggal berakhirnya Project.
5Project ManagerDiisi oleh siapa yang akan menghandle keseluruhan project.
6Active• Klik Yes, jika jenis Project tersebut masih aktif dan di proses di system.
• Klik No, jika jenis Project tersebut sudah tidak aktif, maka jenis Project akan otomatis hilang di menu lainnya.
7Project DaysTotal hari Project akan dilakukan.
8Project HoursTotal jam Project akan dilakukan.
9BudgetDiisi nominal budget yang akan digunakan dalam Project.
10Expense CategoryDiisi dengan kategori Expense yang akan digunakan perusahaan untuk Project.
  1. Pada bagian Member, klik tombol “Add”, dan lanjutkan dengan mengisi data pengelompokan karyawan yang akan ikut andil dalam Project tersebut.
NoFiturKeterangan
1Active • Klik Yes, jika karyawan tersebut masih aktif dalam Project dan di proses di system.
• Klik No, jika jenis karyawan tersebut sudah tidak aktif dalam Project, maka karyawan akan otomatis hilang di menu lainnya.
2EmployeeDiisi dengan nama karyawan yang ikut andil dalam Project.
3Claimable  Diisi jika Cost Project dapat di klaim untuk karyawan.
4Start DateDiisi tanggal awal karyawan terlibat dalam Project.
5End DateDiisi tanggal berakhirnya karyawan terlibat dalam Project.
6Cost  Diisi nominal yang didapat karyawan dalam Project.

Lakukan save dengan klik button “Save Changes” pada masing-masing bagian terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan mengisi kelengkapan data Project lainnya.

  1. Pada bagian Expense, klik tombol “Add”, dan lanjutkan dengan mengisi detail data Expense yang akan digunakan untuk Project.
NoFiturKeterangan
1Active • Klik Yes, jika detail pengeluaran tersebut masih aktif dan di proses di system.
• Klik No, jika detail pengeluaran tersebut sudah tidak aktif, maka detail pengeluaran akan otomatis hilang di menu lainnya.
2Expense TypeDiisi dengan tipe Expense yang akan digunakan untuk Project..
3Project LimitDiisi batas limit Project yang akan digunakan sesuai Expense, contoh: 100.000, maka Project tersebut memiliki batas maksimal penggunaan 100.000 dari Expense.
4Member LimitDiisi batas jumlah karyawan yang ikut andil dalam Project. contoh: 3, maka Project tersebut memiliki batas hanya 3 karyawan yang diikut sertakan.
5Yearly LimitDiisi batas limit tahunan Project berjalan. contoh: 3, maka Project tersebut memiliki batas maksimal berjalan hanya 3 tahun.
6Monthly LimitDiisi batas limit bulanan Project berjalan. contoh: 3, maka Project tersebut memiliki batas maksimal berjalan hanya 3 bulan.
7Daily LimitDiisi batas limit harian Project berjalan. contoh: 365, maka Project tersebut memiliki batas maksimal berjalan hanya 365 hari.

Lakukan save dengan klik button “Save Changes” pada masing-masing bagian terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan mengisi kelengkapan data Project lainnya.

NoFiturKeterangan
1Active • Klik Yes, jika detail pengeluaran tersebut masih aktif dan di proses di system.
• Klik No, jika detail pengeluaran tersebut sudah tidak aktif, maka detail pengeluaran akan otomatis hilang di menu lainnya.
2Expense Diisi dengan Expense yang akan digunakan untuk Project.
  1. Jika semua informasi Project sudah Anda masukkan, maka langkah terakhir yaitu lakukan save dengan klik button “Submit” pada bagian paling bawah halaman Project.

Baca Juga :
– Cara Mengelola Benefit
– Cara Mendaftarkan Tipe Pinjaman
– Cara Mendaftarkan Tipe Aset Perusahaan
– Cara Mendaftarkan Tipe Workspace
– Sekilas Tentang Menu Transaction