Cara Mengelola Data Karyawan

Menu employee dapat digunakan untuk membuat data karyawan terbaru, mengubah data karyawan jika terdapat perubahan, admin juga dapat menarik seluruh data karyawan yang telah di record oleh aplikasi.

Pada bagian ini, Anda dapat mempelajari :

1. Cara membuat data karyawan baru.
2. Cara melakukan perubahan data karyawan.


1. Cara Membuat Data Karyawan Baru

  1. Masuk menu Employee, kemudian klik tombol Create.
  2. Ubah Effective Date sesuai dengan tanggal mulai berlakunya karyawan tersebut di hire.
  1. Isi bagian “Biodata” dengan detail biodata karyawan.
NoFiturKeterangan
1Effective DateOtomatis akan terisi setelah input As of Date sebelumnya sesuai tanggal masuk karyawan.
2First NameMasukkan nama depan karyawan.
3Middle NameMasukkan nama tengah karyawan, bila diperlukan.
4Last NameMasukkan nama akhir karyawan, bila diperlukan.
5NicknameMasukkan nama panggilan karyawan, bila diperlukan.
6Birth PlaceMasukkan tempat lahir karyawan.
7Birth DateMasukkan tanggal lahir karyawan.
8AgeOtomatis akan terisi setelah input Birth Date.
9Active• Klik Yes, jika karyawan tersebut masih aktif dan di proses di system.
• Klik No, jika karyawan tersebut sudah tidak aktif, maka nama karyawan akan otomatis hilang di menu lainnya.
10GenderMasukkan jenis kelamin karyawan, berupa LOV.
11Marital StatusMasukkan status karyawan, berupa LOV.
12Marital DateMasukkan tanggal status pernikahan karyawan jika telah menikah.
13ReligionMasukkan agama karyawan, berupa LOV.
14Blood TypeMasukkan golongan darah karyawan, berupa LOV.
  1. Isi bagian “Contact Information” dengan detail informasi kontak karyawan.
NoFiturKeterangan
1Main phoneMasukkan nomor telepon genggam karyawan.
2Office mailMasukkan email kantor karyawan.
3Other phoneMasukkan nomor telepon rumah atau telepon genggam karyawan lainnya, jika ada.
4Personal mailMasukkan email pribadi karyawan.
  1. Isi bagian “Identification Information” dengan detail informasi identifikasi karyawan.
NoFiturKeterangan
1National IDMasukkan nomor identitas karyawan.
2Family card numberMasukkan nomor kartu keluarga karyawan.
3Employee tax numberMasukkan nomor NPWP pribadi karyawan.
4BPJS TK numberMasukkan nomor BPJS Ketenaga kerjaan karyawan.
5BPJS Kesehatan NumberMasukkan nomor BPJS Kesehatan karyawan.
6Insurance NumberMasukan nomor Asuransi karyawan
  1. Isi bagian “Tax Information” dengan detail informasi pajak karyawan.
NoFiturKeterangan
1Tax typeMasukkan tipe pajak pegawai (Local, Expatriate, Honorarium, Consultant, Pensioner, dll), berupa LOV.
2Tax marital statusMasukkan marital status pegawai (S0, S1, S2, S3, M0, M1, M2, M3) sebagai dasar perhitungan PTKP, berupa LOV.
  1. Isi bagian “Bank Information” dengan detail informasi bank karyawan.
NoFiturKeterangan
1BankMasukkan nama bank yang akan digunakan untuk karyawan, berupa LOV.
2Account numberMasukkan nomor rekening pribadi karyawan.
3Branch nameMasukkan nama kota cabang bank yang digunakan karyawan.
4Account nameMasukan nama pemilik rekening tersebut.
  1. Isi bagian “Employment” dengan detail informasi karyawan.
NoFiturKeterangan
1Effective dateOtomatis akan terisi setelah input Effective Date sebelumnya sesuai tanggal masuk karyawan.
2CompanyMasukan nama perusahaan tempat karyawan bekerja.
3Employee numberOtomatis akan terisi NIK karyawan.
4Active• Klik Yes, jika data employment karyawan tersebut masih aktif dan di proses di system.
• Klik No, jika data employment karyawan tersebut sudah tidak aktif, maka nama karyawan akan otomatis hilang di menu lainnya.
5Enterprise hire dateBerisi tanggal masuk karyawan pertama kali di grup perusahaan tersebut.
6Company hire dateOtomatis akan terisi setelah input As of Date atau tanggal masuk karyawan ke perusahaan tempat dia bekerja saat ini.
  1. Pada bagian “Contract Information” :
NoFiturKeterangan
1TypeMasukkan status karyawan, contoh: Contract, Internship, Permanent, Probation, dan lainnya, berupa LOV.
2Period startMasukkan tanggal awal berlakunya status karyawan.
3Period endMasukkan tanggal akhir berlakunya status karyawan.
  1. Pada bagian “Assignment” :
NoFiturKeterangan
1Effective DateOtomatis akan terisi setelah input As of Date sebelumnya sesuai tanggal masuk karyawan.
2ActionOtomatis akan terisi new hire.
3PositionMasukkan posisi karyawan, berupa LOV.
4JobMasukkan Job karyawan, berupa LOV.
5LocationMasukkan lokasi kerja karyawan, berupa LOV.
6OrganizationMasukkan organisasi di mana karyawan tersebut ditempatkan, berupa LOV.
7Assignment GroupMasukkan payroll group karyawan berupa LOV.
8Active• Klik Yes, jika data assignment karyawan tersebut masih aktif dan di proses di system.
• Klik No, jika data assignment karyawan tersebut sudah tidak aktif, maka nama karyawan akan otomatis hilang di menu lainnya.
9Action ReasonMasukkan alasan jika data assignment karyawan masih aktif/sudah tidak aktif, jika ada.
10GradeMasukkan Grade karyawan, berupa LOV.
11Payroll GroupMasukkan Payroll Group karyawan, berupa LOV.
12Attendance GroupMasukkan jadwal masuk karyawan sesuai Attendance Group yang telah dibuat, berupa LOV.
13Line ManagerMasukkan manajer yang akan menaungi karyawan di perusahaan tersebut.
14Assignment ClassificationMasukan jenis klasifikasi kerja karyawan, contoh: Back Office, Front Office, Middle office, berupa LOV.
  1. Lakukan save dengan klik button “Submit” di akhir halaman Employee.

2. Cara Melakukan Perubahan Data Karyawan

  1. Masuk menu Employee, kemudian klik As of Date untuk mengubah sesuai tanggal mulai berlakunya perubahan pada data karyawan.
  2. Pilih salah satu untuk search data karyawan yang dirubah
  1. Masukkan perubahan data karyawan sesuai dengan data yang benar
  1. Lakukan save dengan klik button “Submit” pada halaman yang telah dilakukan perubahan, kemudian pada saat Submit data akan ada pop up yang berisikan “Correction & Update”.
    • Dilakukan Correction bila ingin mengoreksi kesalahan penginputan pada data karyawan.
    • Dilakukan Update bila ingin memperbarui data karyawan.
  1. Jika ingin melihat hasil perubahan data pada karyawan yang Anda input, Anda dapat mengklik tombol “History” yang dapat digunakan untuk melihat data tertentu.