StarConnect

Cara Efektif Mengenalkan HRIS Kepada Karyawan!

Hai Gitters! Membahas tentang HRIS, pasti bagi kalian yang selalu mengikuti artikel GIT sudah tidak asing lagi mendengar istilah HRIS. Yup! HRIS atau yang biasa disebut Human Resources Information System adalah software atau aplikasi online untuk data entry, melacak atau menginput data, optimalisasi kinerja karyawan dan sumber informasi untuk departemen SDM, payroll otomatis, dan banyak keuntungan lainnya bagi Human Resources perusahaan. 

HRIS berkawan dengan teknologi, otomatis saat perusahaan memutuskan menggunakan HRIS, jelas perusahaan telah menuju transformasi digital. Nah dalam proses transformasi, sering kali dijumpai dengan karyawan yang terbiasa dengan sistem yang manual. Yuk mari kita tinggalkan cara manual dan beralihlah ke teknologi modern. Para pelaku bisnis harus bisa memanfaatkan teknologi dan peluang yang ada dengan mengadopsi sistem yang sudah terintegrasi, terotomatisasi, dan terbaik untuk meningkatkan efisiensi perusahaan Anda, terutama dalam mengelola karyawan.

Lalu, pertanyaannya adalah, bagaimana cara memperkenalkan atau mengedukasi karyawan untuk dapat menggunakan HRIS di perusahaan? 

Ini dia 4 tips yang dapat diterapkan pada perusahaan Anda!

Pertama, alangkah baiknya perusahaan merencanakan pelatihan bagi karyawan. 

Pelatihan harus dipersiapkan secara matang dan detail. Mulai dari tanggal, hingga materi yang akan disampaikan. Rencana yang matang akan menghasilkan hasil yang memuaskan. 

Kedua, menginisiasi perubahan. 

Perusahaan harus mampu memastikan sosialisasi yang dilakukan benar benar membuat karyawan paham akan perubahan, sehingga karyawan dapat bersiap sedia mengalami perubahan di perusahaan. 

Ketiga, fokus terhadap satu bidang. 

Tidak selalu karyawan harus menguasai seluruh bidang atau sistem yang berubah. Sesuaikan pelatihan dengan posisi masing masing karyawan, agar pelatihan dapat tersampaikan dengan mudah dan tepat tujuan.

Keempat, membuat panduan bagi karyawan. 

Pelatihan memang sangatlah baik dilakukan oleh perusahaan, namun agar lebih efektif, perusahaan sebaiknya memberikan panduan secara tulisan, yang dapat didownload dan diakses dimanapun. Agar karyawan dapat selalu mengulas kebali apa yang sudah didapat dari pelatihan.

Yuk mari kita terapkan 4 cara di atas ya! Tujuannya agar kita dapat memperkenalkan tentang HRIS kepada karyawan secara jelas dan efektif!

Scroll to Top