StarConnect

ALASAN PERUSAHAAN HARUS MEMILIKI HRIS (Human Resources Information System)

Apakah Anda tahu mengapa HRIS diperlukan dalam perusahaan Anda? Saat ini pandemi COVID-19 menjadi permasalahan utama bagi kita semua, terutama dalam perjalanan segala bidang bisnis di tahun 2020. Berbagai dampak, baik itu positif maupun negatif tetap harus diterjang demi ketahanan dan keutuhan perusahaan. Pandemi COVID-19 bukanlah suatu permasalahan yang mudah, penyebaran nya sebagian besar terdapat dari kontak fisik antara satu dengan yang lain. Tidak disangka pula, pada bulan juli 2020 lalu, kluster baru bermunculan dari mereka, perusahaan yang masih melaksanakan “Kerja di Kantor” dengan kegiatan absensi menggunakan fingerprint.

Maka dari itu GIT berupaya untuk mendukung pencegahan virus COVID-19, dengan menyediakan aplikasi HRIS bagi seluruh perusahaan yang menjalankan kegiatan nya baik itu Work From Office maupun Work From Home. Lalu, apakah HRIS dibuat hanya dalam rangka COVID-19? Tentu saja tidak, karena pada dasarnya HRIS memiliki banyak keunggulan dari sekedar mencegah penyebaran COVID-19 sebagai pengganti fingerprint.

Berikut adalah beberapa alasan, mengapa perusahaan Anda perlu memiliki HRIS :

1. MENINGKATKAN KEAMANAN DATA KARYAWAN PERUSAHAAN

Data pribadi karyawan adalah data yang penting dan memiliki tingkat privacy yang tinggi. Dengan adanya fitur yang dapat membatasi akses data, hal tersebut dapat meningkatkan keamanan data karyawan, dengan akses terbatas hanya orang-orang tertentu yang berkepentingan yang dapat mengaksesnya.

2. KONTROL KINERJA KARYAWAN

Dalam HRIS terdapat fitur yang dapat membuat penilaian terhadap kinerja karyawan, dengan penilaian berbentuk statistik, mampu membantu HRD untuk menganalisis kinerja karyawan sebelumnya dan yang akan datang.

3. MEMPERMUDAH PROSES DISTRIBUSI GAJI KARYAWAN

Menggunakan HRIS dengan fitur Payroll Management dapat membantu HRD dalam perhitungan atau kalkulasi gaji karyawan. HRIS bekerja dengan mengurangi campur tangan manusia sehingga dapat meminimalkan Human Error. Fitur Payroll Management juga membantu mempercepat dalam menghasilkan slip gaji karyawan dan tentunya dapat mempermudah melihat beberapa komponen gaji seperti tunjangan, upah lembur, potongan, dan lain sebagainya.

4. MEMPERMUDAH KEHADIRAN KARYAWAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Fitur check-in dan check-out dari mana saja, memudahkan karyawan dalam melanjutkan kegiatan di kantor. Akses yang sangat mudah meringankan beban karyawan, karena HRIS dapat berupa aplikasi dan memiliki link yang dapat diakses melalui smartphone, tablet, laptop, dan komputer. Dan keuntungan tambahan nya, tak perlu khawatir lagi dengan penyebaran virus yang terjadi lewat fingerprint.

5. MEMPERMUDAH KARYAWAN SAAT BERURUSAN DENGAN HRD

Mungkin bagi perusahaan yang baru berdiri, dan memiliki karyawan belum sangat banyak. Hal ini belum menjadi kendala, jika karyawan harus berurusan langsung dengan HRD. Namun bagi perusahaan-perusahaan besar, fitur ini sangat dibutuhkan agar mudah untuk berurusan dengan karyawan, seperti urusan cuti, gaji, kompensasi, dll. Hanya perlu berinteraksi melalui aplikasi, kebutuhan karyawan segera terlaksanakan dengan mudah.

6. MENINGKATKAN FLEKSIBILITAS AKSES DATA KARYAWAN

Akses yang mudah dan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, menjadi keunggulan yang kompetitif. Akses yang fleksibel dapat mendukung produktivitas karyawan dan HRD. Sehingga satu aplikasi dapat mendukung berbagai macam pihak.

Nah, itulah beberapa alasan yang Anda perlu pertimbangkan untuk menggunakan HRIS. Kemudahan sesungguhnya adalah dapat berkolaborasi dengan sistem digital, apakah Anda akan menjadi salah satu perusahaan yang terdepan, dengan tingkat produktivitas yang tinggi? Dimulai dari manajemen HRD perusahaan Anda sekarang juga..

Scroll to Top